Apakah Alkohol baik untuk kesehatan? [Bagian-1]


Tony Edwards seorang ilmuan jurnalis dan penulis sains terkemuka mengklaim minuman dapat mencegah kanker dan dapat membantu meningkatkan kehidupan seks Anda. Dia telah membawa penelitian terkemuka tentang pengaruh alcohol. Ditemukan bahwa minum alcohol bisa mencegah penyakit, jauh dari berbahaya. Anggur merah adalah yang terbaik, tapi harus tetap diminum dengan dosis yang tepat.
Seorang pengusaha diperiksa oleh dokternya karena keluhan ‘Tangan sakit, kadang-kadang sedikit rasa sakit di dada dan mulai lupa akan hal-hal tertentu.
Dokter berkata : “Kau punya sentuhan arthritis, mungkin penyakit jantung ringan , dan Anda mungkin pada demensia tahap pertama. Berapa banyak kau minum alkohol? “
‘Jangan pernah menyentuh setetespun, dokter, “kata pasien dengan bangga, sambil menggoyang-goyangkan jari menegur.
‘Berikut adalah resep untuk anggur merah – seperempat liter sehari.” Kata Dokter.

Konyol? Absurd? Sebuah cerita dari Kitab Bumper of Jokes untuk Alcoholics? Tentu saja tidak!
Biarkan saya memberitahu Anda,: ‘jika dokter gagal untuk merekomendasikan alkohol untuk setidaknya beberapa dari pasien mereka, mereka akan memiliki kelalaian medis. Itu setidaknya adalah kesimpulan logis saya sudah ditarik dari studi mendalam sekitar setengah- juta karya ilmiah tentang alkohol’,demikian Tony Edward tulisan Tony Edward dalam bukunya.
Yang mengejutkan adalah mereka mengandung temuan yang akan membuat perusahaan farmasi membuka sumbat sampanye. Tentu saja, karena alkohol tidak dapat dipatenkan sebagai obat. Sebagian besar bukti menunjukkan bahwa jika anggur merah, khususnya – dan untuk tingkat yang lebih rendah anggur putih, bir ,bir dan roh – digunakan sebagai obat pencegahan dan terapi, tingkat penyakit akan jatuh secara substansial. Tidak hanya itu, tapi nyawa akan diselamatkan – dengan manfaat besar bagi perekonomian. Bahkan, anggur merah mungkin menjadi salah satu ‘ obat ‘ yang paling efektif dalam sejarah.
Seperti obat lainnya, ia memiliki efek samping. Memiliki minimum dan dosis terapi maksimum – (terlalu sedikit bisa saja tidak akan bekerja dan terlalu banyak mungkin akan membuat Anda sakit, dan tentunya memiliki ‘aturan perawatan yang ketat sehari-hari) Idealnya, Anda harus mengambil anggur sekali sehari dengan makan malam. Ya, setiap hari. Saya tahu bahwa profesi medis mendesak kita untuk berhenti minum setidaknya dua atau tiga hari dalam seminggu, tapi itu tidak dijamin oleh studi ilmiah. Ini secara konsisten menunjukkan bahwa minum secara ‘moderat’ sehari-hari adalah yang terbaik untuk kesehatan.
Apa itu jumlah yang moderat? Sayangnya, itu merupakan yang  sedikit lebih rumit, karena pencegahan dan pengobatan penyakit yang berbeda tampaknya membutuhkan jumlah yang berbeda – bervariasi dari kecil untuk segelas besar per hari, tapi kadang-kadang lebih. Tentu saja, kebanyakan orang sudah tahu anggur merah seharusnya baik bagi jantung Anda. Tapi, pesan publik tanpa henti dan berulang-ulang menyatakan bahwa alkohol adalah Bad News yang lain.
Sekarang, akan bodoh untuk menyangkal bahwa terlibat over-dosis dalam minuman keras bisa berbahaya bagi masyarakat. Anda hanya perlu memikirkan alkohol berbahan bakar kejahatan, kematian jalanan, kekacauan pusat kota, kekerasan dalam rumah tangga, dan biaya untuk NHS. Tetapi sebagai otoritas pemerintah dan medis untuk menampilkan hanya satu sisi gambar ‘obat’ buruk pasti dilakukan. Ini mencegah orang membuat keputusan yang masuk akal tentang kesehatan mereka sendiri.
Mengapa dokter tidak pernah hadir menjelaskan tentang semua ini? Alasannya cukup jelas : mereka tidak mempercayai kami. Satu pengecualian muncul yaitu Profesor Karol Sikora, konsultan onkologi yang berbasis di Inggris. Karol lah yang menulis kata pengantar untuk buku baru saya tentang manfaat alkohol.
Ia memperingatkan, terlalu banyak minuman keras, tidak hanya membunuh, tapi ‘meruntuhkan kehidupan dan menghancurkan keluarga, karir yang sukses berakhir, menyebabkan penyakit fisik dan mental yang tak terhitung dan memiliki dampak negatif besar pada masyarakat. Namun, ia melanjutkan: ” Jika Anda tidak minum sama sekali, Anda memang akan memiliki risiko sepanjang tubuh Anda, -yang didefinisikan mengembangkan segala macam masalah medis dalam hatimu, sendi, otak, kadar gula darah, dan ginjal. “Ketika Anda mulai minum, tampaknya ada bukti manfaat. Ketika Anda minum lebih banyak, secara bertahap manfaat menghilang dan efek merusak menerjangang masuk’.
Tapi sekarang kita menjadi jelas di sini : Saya tidak merekomendasikan apa-apa secara pribadi. Aku hanya seorang jurnalis sains, (rata-rata cerdas) yang melakukan apa yang orang lain bisa jika mereka memiliki waktu : Saya telah melihat data ilmiah dan medis yang diterbitkan dalam jurnal papan atas, dan bukti dikumpulkan. Jadi, pembaca harus berkonsultasi dengan profesional kesehatan yang kompeten sebelum bertindak atas apa yang mereka baca di bawah ini. Masalahnya adalah kebanyakan dokter tahu sedikit tentang bidang ini, karena mereka, seperti Anda, telah banyak ditutupi dalam gelap. Di sini, meskipun hanya beberapa bukti yang saya temukan – tapi itu lebih dari sedikit mengejutkan.
Penyakit Jantung
Dari sembilan puluhan para ahli di Harvard University dipantau 12.000 orang dengan tekanan darah tinggi selama hampir 13 tahun. Semua orang adalah dokter, dan beberapa minum jauh lebih banyak daripada batas alkohol diterima. Di Inggris, ini adalah 16 gram per hari untuk wanita – alkohol hanya dalam waktu segelas menengah anggur – dan 32 gram untuk pria , kira-kira setengah botol anggur merah. Bekerja dalam gram per hari jauh lebih mudah dibandingkan unit dengan sistem putus asa yang membingungkan. Jadi apa yang terjadi dalam studi Harvard? Semakin banyak orang-orang ini minum, semakin sedikit kesempatan mereka memiliki serangan jantung.
Mengapa pasangan yang minum (atau abstain) bersama-sama, tinggal bersama-sama : Mereka dengan satu peminum berat lebih mungkin untuk bercerai
Inggris malu kanker : Inggris memiliki tingkat kelangsungan hidup lebih rendah untuk kasus serviks dibandingkan Slovenia dan Republik Ceko
Minum 10 sampai 15 gram (sampai dengan segelas menengah anggur) per hari mengurangi risiko hampir 40 persen. Tetapi pada lebih dari 50 gram (dua – pertiga dari sebotol anggur ), risiko turun lebih jauh – hampir 60 persen.
Hasil yang sama ditemukan dalam 13 tahun studi dokter Inggris Universitas Oxford, beberapa di antaranya juga minum lebih dari pedoman.
“Konsumsi alkohol tampaknya mengurangi risiko penyakit jantung iskemik, sebagian besar terlepas dari jumlah, ” para peneliti Oxford melaporkan.
Bahkan, bukti dari penelitian lebih dari setengah abad tampaknya berlebihan : alkohol dikaitkan dengan penurunan risiko segala bentuk penyakit jantung.
Dan alkohol juga dapat membantu orang dengan penyakit jantung yang sudah ada, dengan kata lain, ia bertindak seperti obat farmasi.
Sebuah studi selama sembilan tahun penuh menghasilkan hampir setengah juta orang Amerika mengungkapkan bahwa alkohol ‘ signifikan ‘ memperpanjang kehidupan orang-orang yang sudah menderita penyakit jantung – dan ini diterapkan bahkan kepada orang-orang yang minum lebih dari 56 gram alkohol (dua – pertiga dari botol anggur) per hari .
Common Cold
Perusahaan obat telah menghabiskan miliaran untuk berusaha menemukan cara mencegah pilek dan gagal. Namun, menurut perusahaan penelitian bersama antara Harvard dan universitas Spanyol pada tahun 2002, jawaban telah menatap wajah kita selama ini, karena menakjubkan, baik anggur dan alkohol secara umum membantu mencegah flu biasa – dan sangat efektif. Hasilnya mengejutkan : sampai penurunan 60 persen dalam risiko terkena flu antara peminum anggur merah dan yang mengejutkan 88 persen pengurangan peminum anggur putih.
Temuan ini diperkuat oleh percobaan terkontrol plasebo klinis di Satuan Common Cold Inggris pada tahun 1993 sebelumnya, ketika 400 peminum reguler dan segelintir teetotallers sengaja terinfeksi virus flu. Hebatnya, itu adalah teetotallers dingin yang paling rentan untuk mendapatkannya. Dan pengaruh alkohol besar : orang yang minum 20 gram (lebih dari satu gelas besar anggur) alkohol sehari memiliki hampir sepuluh kali lebih sedikit gejala flu dari teetotallers. Tidak ada obat, ramuan atau intervensi medis dapat mendekat dengan menawarkan tingkat perlindungan.
Kanker Payudara
Pada tahun 2008, sebuah studi yang dilakukan pada sekitar 1.500 perempuan di Perancis Selatan yang telah menderita kanker payudara dalam dua tahun sebelumnya. Gaya hidup mereka kemudian dianalisis secara rinci, termasuk jenis-jenis alkohol yang mereka minum, berapa banyak, sering dan bagaimana. Sebuah ‘kelompok kontrol ‘ cocok dari wanita sehat juga disurvei.
Temuan yang dramatis. Pertama, tidak ada satupun kasus kanker payudara ternyata memiliki asosiasi dengan asupan alkohol -tidak peduli berapa banyak wanita biasanya minum. Kedua, minum sampai 15 gram alkohol sehari anggur (satu gelas menengah) benar-benar mengurangi risiko kanker payudara – yang luar biasa sampai 42 persen. Ketiga, perlindungan terbesar terjadi di antara para wanita yang minum anggur setiap hari , tidak ada manfaat apa pun jika mereka minum secara sporadis.
Jadi para peneliti tidak memiliki pilihan tetapi menyimpulkan : ‘Konsumsi rendah anggur dan teratur mengurangi risiko kanker payudara.”
Dua tahun kemudian, mereka didukung temuan studi tentang perempuan pada risiko dari satu tertentu jenis kanker payudara Perancis oleh University of Ottawa – mutasi genetik BRCA1 .
‘Dibandingkan dengan non- peminum, ” katanya, ‘konsumsi eksklusif anggur dikaitkan dengan penurunan yang signifikan dalam risiko kanker payudara.”
Pada tahun 2012, Cedars -Sinai Medical Centre di Los Angeles melaporkan bahwa anggur merah khusus memiliki efek menguntungkan pada beberapa hormon yang terlibat dalam kanker payudara.
Sementara itu, setidaknya dua penelitian pada tikus telah menunjukkan bahwa bahan-bahan alami anggur merah dapat mengurangi tumor kanker payudara.
Namun, kita harus berhati-hati. Meskipun empat studi populasi telah menemukan anggur yang tidak menyebabkan kanker payudara, sekitar empat tidak setuju. Dan Cancer Research UK bersikeras bahwa minum alkohol telah terbukti meningkatkan risiko.

Tentu saja , bukti-bukti yang cukup jelas bahwa alkohol secara umum bukanlah berita baik untuk kanker payudara, dengan kira-kira kenaikan 10 persen risiko untuk setiap tot roh atau setengah pint bir yang Anda minum.

Diabetes
Baca selanjutnya bagian-2 [klik disini]

SUMBER:
Diekstrak dari The Good News Tentang minuman keras oleh Tony
Enhanced by Zemanta

Tinggalkan komentar