Cara Menggunakan Kecerdasan Otak


Fungsi Otak
Otak merupakan pusat dari keseluruhan tubuh Anda. Otak Anda mengendalikan semua fungsi tubuh Anda. Jika otak Anda sehat, maka akan mendorong kesehatan tubuh serta menunjang kesehatan mental Anda. Sebaliknya, apabila otak Anda terganggu, maka kesehatan tubuh dan mental Anda bisa ikut terganggu. Seandainya jantung atau paru-paru Anda berhenti bekerja selama beberapa menit, Anda masih bisa bertahan hidup. Namun jika otak Anda berhenti bekerja selama satu detik saja, maka tubuh Anda mati. Itulah mengapa otak disebut sebagai organ yang paling penting dari seluruh organ di tubuh manusia. Selain paling penting, otak juga merupakan organ yang paling rumit. Membahas tentang anatomi dan fungsi otak secara detail bisa memakan waktu berhari-hari.
Perbedaan dua fungsi otak sebelah kiri dan kanan akan membentuk sifat, karakteristik dan kemampuan yang berbeda pada seseorang. Perbedaan teori fungsi otak kiri dan otak kanan ini telah populer sejak tahun 1960an, dari hasil penelitian Roger Sperry. Otak besar atau cerebrum yang merupakan bagian terbesar dari otak manusia adalah bagian yang memproses semua kegiatan intelektual, seperti kemampuan berpikir, menalarkan, mengingat, membayangkan, serta merencanakan masa depan.
Otak besar dibagi menjadi belahan kiri dan belahan kanan, atau yang lebih dikenal dengan Otak Kiri dan Otak Kanan. Masing-masing belahan mempunyai fungsi yang berbeda. Otak kiri berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, serta merupakan pusat matematika. Beberapa pakar menyebutkan bahwa otak kiri merupakan pusat Intelligence Quotient (IQ).

Otak kanan berfungsi dalam perkembangan Emotional Quotient (EQ). Misalnya sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi. Pada otak kanan ini pula terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, melukis dan segala jenis kegiatan kreatif lainnya.


Belahan otak mana yang lebih baik? Keduanya baik. Setiap belahan otak punya fungsi masing-masing yang penting bagi kelangsungan hidup manusia. Akan tetapi, menurut penelitian, sebagian besar orang di dunia hidup dengan lebih mengandalkan otak kirinya. Hal ini disebabkan oleh pendidikan formal (sekolah dan kuliah) lebih banyak mengasah kemampuan otak kiri dan hanya sedikit mengembangkan otak kanan.

Orang yang dominan otak kirinya, pandai melakukan analisa dan proses pemikiran logis, namun kurang pandai dalam hubungan sosial. Mereka juga cenderung memiliki telinga kanan lebih tajam, kaki dan tangan kanannya juga lebih tajam daripada tangan dan kaki kirinya. Sedangkan orang yang dominan otak kanannya bisa jadi adalah orang yang pandai bergaul, namun mengalami kesulitan dalam belajar hal-hal yang teknis.

Ada banyak cara untuk mengetahui apakah seseorang dominan otak kanan atau dominan otak kiri. Misalnya dengan melihat perilaku sehari-hari, cara berpakaian, dengan mengisi kuisioner yang dirancang khusus atau dengan peralatan Electroencephalograph yang bisa mengamati bagian otak mana yang paling aktif. Disekitar Anda pastinya ada orang yang pandai dalam ilmu pengetahuan, tapi tidak pandai bergaul. Sebaliknya ada orang yang pandai bergaul, tapi kurang pandai di sekolahnya. Keadaan semacam ini disebabkan oleh ketidakseimbangan antara otak kanan dan otak kiri.
Idealnya, otak kiri dan otak kanan haruslah seimbang dan semuanya berfungsi secara optimal. Orang yang otak kanan dan otak kirinya seimbang, maka dia bisa menjadi orang yang cerdas sekaligus pandai bergaul atau bersosialisasi. Untuk mengoptimalkan dan menyeimbangkan kinerja dua belahan otak, Anda bisa menggunakan teknologi CD Aktivasi Otak. Metode ini sangat mudah diikuti karena Anda hanya perlu mendengarkan semacam musik instrumental yang dirancang khusus untuk menyelaraskan dan mengaktifkan kedua belahan otak Anda.
Kenapa Lupa?
Apabila anda ditanya, apa yang anda lakukan pada tanggal 2 Pebruari 2002? Pasti anda lupa, saya juga lupa dan orang lain juga lupa apa yang mereka lakukan pada saat itu.
Pada tanggal 2 Pebruari 2002 kota Jakarta dilanda banjir besar yang menyebabkan arus lalu lintas di tol Kebon Jeruk menuju Tangerang mengalami kemacetan luar biasa dan berakibat kendaraan dan penumpangnya terpaksa “menginap” di jalan tol. Sekarang coba anda hubungkan Semua hal-hal di bawah dibawah ini dengan peristiwa itu :
Konyol, Lucu
Super Sakti, Heroik, Ajaib, Menakjubkan, Magis,
Super Indah, Romantis
Horor, Menakutkan,
Hidupkan, Gerakkan,
Maka, pastinya anda mempunyai gambaran yang jelas, dan akan ingat apa saja yang anda lakukan pada saat itu.Mengapa? Karena sewaktu pertanyaan kali ditanyakan, tidak ada  satu gambaran untuk memanggil kembali kejadian yang anda lakukan saat itu, sedangkan pada saat pertanyaan diulang kedua kalinya, anda memiliki gambaran dan perasaan yang sangat berkesan diotak anda sehingga dapat memanggil kembali informasi tentang hal-hal yang sedang dilakukan saat itu. Kata “BANJIR BESAR” megingatkan anda pada pekerjaan-pekerjaan atau informasi-informasi yang anda lakukan saat itu.
Contoh pertanyaan diatas menunjukkan kehebatan otak kanan dalam mengigat sebuah informasi. Pelajaran atau informasi yang anda hafal, tentunya kebanyakan berupa kata-kata, huruf, garis-garis dan lain-lain. Bahkan tulisan yang anda hafal baik di buku catatan atau di buku paket hanya terdiri Dari satu warna saja, wana hitam, gambar-gambar jarang digunakan. Hal-hal ini inilah yang mengakibatkan anda sering lupa. Mengapa? Karena saat menghafal dan membaca otak belahan kiri yang sifatnya ingatan jangka pendek lebih dominan digunakan,  sedangkan otak kanan yang mempunyai ingatan jangka panjang jarang sekali atau tidak sama sekali anda gunakan.
Agar hafalan kita bersifat jangka panjang, maka kita harus lebih banyak memfungsikan otak kanan dalam mengingat, otak kiri hanya membaca saja, untuk menghafalnya anda serahkan pada otak kanan, biar kanan yang menangani. Dengan cara ini, anda akan mempunyai ingatan yang super dasyat.
Inti dari ingatan super dasyat adalah: Gambar, Asosiasi dan sesuatu yang aneh. Anda membaca satu buku pelajaran Bahasa Indonesia yang terdiri dari 5 Bab, silahkan anda baca dalam satu malam saja. Harus selesai… ga boleh enggak ok! Setelah anda beres membaca buku Bahasa Indonesia tersebut, tugas anda selanjutnya adalah membaca buku cerita novel (yaaa.. kisah percintaan anak remaja deh..) yang tebalnya sama dengan buku Bahasa Indonesia tersebut. Waktunya juga satu malam sama harus selesai. Kemudian buktikan mana yang lebih anda ingat? 5 Bab buku Bahasa Indonesia, atau Cerita Novel?
Saya yakin 1000%, anda pasti lebih ingat alur cerita novel dari pada buku Bahasa Indonesia, heheh,, Kenapa bisa terjadi? Karena Saat anda membaca buku Bahasa Indonesia, otak yang anda fungsikan hanya otak belahan kiri saja dan yang anda lakukan hanya membaca tidak ada yang lain. Akan tetapi saat anda membaca novel, otak yang anda fungsikan adalah otak belahan kiri dan kanan, saat otak kiri membaca sebuah paragraph, otak kanan membayangkannya alias berimajinasi. Misalkan dalam novel itu tertulis “di sebuah desa yang sangat terpencil, terlihat seorang gadis nan cantik jelita sedang mencuci di tepian sungai”, saat anda membaca paragraph tersebut, saya yakin anda pasti membayangkan kejadian tersebut.. bahkan kadang-kadang dilebih-lebihkan hahahah…, nah imajinasi itulah yang membuat anda ingat pada isi cerita tersebut seluruhnya.
CARA MELATIH OTAK KANAN
Nah, untuk melatih otak kanan anda, anda bisa melakukan beberapa teknik atau test berupa latihan-latihan pengaktifan otak kanan sebagai berikut :
1. Eight game
Pura-puralah menulis angka delapan di udara sambil tiduran dengan tangan kiri dan kanan secara bersama-sama. Permainan sederhana ini bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan. Cobalah dan teruskanlah permainan ini setelah sarapan, selama dua menit setiap hari.
2. Thumb game
Acungkanlah jempol tangan kiri dan kelingking tangan kanan, sambil menyorongkan kedua belah tangan ke arah kanan. Sebaliknya, acungkanlah jempol tangan kanan dan kelingking tangan kiri, sambil menyorongkan kedua belah tangan ke arah kiri. Permainan sederhana ini bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan. Cobalah dan teruskanlah permainan ini bersama teman-teman setelah makan siang, selama dua menit setiap hari.
3. Pattern game
Gambarlah pola-pola tertentu di atas kertas kosong, dengan tangan kiri dan kanan secara bersama-sama, ke arah dalam, luar, atas, dan bawah. Selain bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan, permainan unik ini juga dapat menggali potensi visual. Cobalah permainan ini selama dua menit setiap hari, minimal 14 hari berturut-turut.
4. Specific crawl
Gerakkan tangan kanan serentak dengan kaki kiri. Kemudian balaslah, gerakkan tangan kiri serentak dengan kaki kanan. Idealnya, siku tangan menyentuh lutut. diiringi pula dengan lagu favorit. Selain bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan, gerakan ini juga dapat membuat pikiran terbuka terhadap hal-hal yang baru. Cobalah gerakan ini secara 10 menit setiap hari, minimal 14 hari berturut-turut.
5. Specific posturing
Bertumpulah di lantai dengan lutut kiri dan tangan kanan. Sementara itu, kaki kanan diluruskan ke belakang dan tangan kiri diluruskan ke depan. Posisi ini bertujuan untuk mengaktifkan syaraf-syaraf tertentu secara umum dan otak kanan secara khusus. Cobalah posisi ini selama 10 menit setiap hari, minimal 14 hari berturut-turut.

6. Specific relaxing
Tip ini khusus anak-anak. Pertahankan posisi relaksasi setengah tengkurap. Biasakan pula posisi ini ketika anak tidur. Semakin dini, semakin baik. Biasakan pula posisi ini ketika anak sakit, sambil dipeluk oleh orang tua. Dengan demikian, otak anak berada dalam frekuensi alpha dan anak akan merasa damai karenanya.
7. Rotated reading
Balikkan sebuah tulisan (atas bawah), lalu bacalah tulisan tersebut dari kanan ke kiri. Cobalah dan teruskanlah kebiasaan baru ini selama 2 menit setiap hari.
8. Left-handed foreplay
Tip yang boleh juga disebut Kamasutra ini khusus untuk lelaki yang telah menikah. Cumbulah pasangan Anda dengan menggunakan tangan kiri. (Bagi Anda yang belum menikah, jangan khawatir, Anda tetap bisa melakukannya. Caranya? Menikahlah dulu.)
9. Left-handed handling
Peganglah gagang pintu dan bukalah pintu dengan tangan kiri. Cobalah dan teruskanlah kebiasaan baru ini setiap hari.
10. Left-handed brushing
Gosoklah gigi dengan tangan kiri pada pagi hari. Untuk sore atau malam hari, tetaplah menggosok gigi dengan tangan kanan. Cobalah dan teruskanlah kebiasaan baru ini setiap hari.
11. Left-handed writing
Tulislah nama panggilan Anda dengan tangan kiri di atas kertas kosong. Cobalah kebiasaan baru ini minimal 10 kali sehari, minimal selama 14 hari berturut-turut. Niscaya Anda akan menemukan keajaiban, di mana pada hari ke-3 Anda dapat menulisnya dengan sangat mudah.
12. Left-handed signing
Buatlah tanda tangan Anda dengan tangan kiri di atas sehelai kertas kosong. Cobalah kebiasaan baru ini minimal 10 kali sehari, minimal selama 14 hari berturut-turut. Niscaya Anda akan menemukan keajaiban, di mana 2 dari 10 tanda tangan tersebut menyerupai bentuk aslinya.
 SUMBER :

2 pemikiran pada “Cara Menggunakan Kecerdasan Otak

Tinggalkan komentar