Bersihkan ginjal dengan Jus Seledri


Seledri adalah dari keluarga yang sama dengan peterseli yaitu keluarga Umbelliferae. Seledri (Apium graveolens L.) adalah sayuran daun dan tumbuhan obat yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Seledri termasuk pada jenis sayuran dan juga jenis tanaman obat yang biasanya digunakan untuk membuat sup atau salad. 
Pada beberapa penelitian seledri mampu menjaga kesehatan fungsi ginjal, sehingga seledri sering dijadikan campuran untuk membuat jus. Daun seledri memiliki kandungan tinggi vitamin A, sementara batang merupakan sumber vitamin B1, B2, B6 dan C dengan pasokan kaya potasium, folat, kalsium, magnesium, besi, fosfor, natrium dan kandungan asam amino esensial yang tinggi.
Ginjal merupakan organ penting yang berperan dalam menyaring darah sehingga tubuh anda tidak teracuni oleh kotoran yang dihasilkan oleh tubuh, dapat mengatur volume darah sehingga dapat mempertahankan keseimbangan di dalam tubuh dan juga mampu mendaur air, mineral, glukosa dan juga gizi yang masuk ke dalam nefron lalu mengembalikannya ke peredaran darah. Ginjal yang bekerja dengan menyaring garam, racun, dan zat-zat yang merugikan tubuh, perlu dibersihkan karena dengan berjalannya waktu garam dan segala macam zat atau racun yang berbahaya bagi tubuh akan terakumulasi atau menumpuk sehingga perlu adanya perawatan yaitu dengan membersihkan ginjal.
Seledri mampu mengobati berbagai penyakit seperti : tekanan darah tinggi, reumatik, batuk, mata kering (XEROFTALMIA), batuk, menurunkan kolesterol, menyuburkan rambut, mencegah kanker, mengobati sakit perut dan alergi termasuk juga membantu menjaga fungsi ginjal. Bahkan untuk anda yang mengalami gangguan dengan kestabilan darah seperti hipertensi masih aman untuk mengkonsumsi natrium yang terkandung di dalam seledri. Natrium organik alami yaitu garam dalam seledri sangat aman untuk dikonsumsi dan sangat penting untuk kesehatan tubuh.
Menjaga fungsi ginjal
Nutrisi yang terkandung di dalam seledri akan bekerja secara optimal ketika anda membuatnya menjadi jus.
  • Pertama, ambilah seikat daun saledri kemudian cuci hingga bersih.
  • Kedua potong ukuran kecil seledri kemudian masukan ke dalam panciyang berisi air.
  • Rebus selama sepuluh menit dan didinginkan.
  • Setelah itu, saring dan masukkan ke dalam botol lalu masukkan botol tersebut kedalam kulkas.
  • Anda bisa mengkonsumsinya satu gelas setiap hari dan dan anda akan melihat garam dan zat lain yang menumpuk di ginjal akan keluar melalui air seni.
Seledri efektif memerangi kanker.
Seledri diketahui mengandung setidaknya delapan keluarga senyawa anti kanker. Diantaranya adalah acetylenics yang telah terbukti menghentikan pertumbuhan sel tumor. Asam fenolat yang menghalangi aksi prostaglandin yang mendorong pertumbuhan sel tumor dan kumarin yang membantu mencegah radikal bebas dari sel-sel yang merusak.
Rehydrates tubuh
Selain itu kandungan mineral yang terdapat di dalam seledri juga mampu menyeimbangkan pH di dalam tubuh dan menetralkan keasaaman. Pada atlet saledri bisa dikonsumsi dengan cara di jus untuk menyempurnakan pasca latihan tonik karena menggantikan elektrolit yang hilang dan rehydrates tubuh dengan kandungan mineral yang terkandung di dalam seledri.
Kanker usus dan masalah pencernaan
Kandungan kumarin fitokimia yang terdapat di dalam seledri mampu  mencegah pembentukan dan perkembangan kanker usus dan perut. Seledri mampu menjadi efek pencahar alami seledri yang membantu untuk meringankan sembelit. Hal ini juga membantu mengendurkan urat saraf yang telah bekerja terlalu keras dalam pencernaanya. Kandungan dari seledri yang dibuat jus seledri dapat membantu mengontrol nafsu makan anda.
Menormalkan suhu tubuh
Bagi anda yang bermasalah dengan suhu tubuh, anda dapat mengkonsumsi segelas jus seledri dua atau tiga kali sehari, di antara waktu makan. Ini luar biasa membantu untuk menormalkan suhu tubuh.
Efek diuretik dari  seledri yang membantu pemecahan dan penghapusan urin dan empedu.
Mata kering
Mengonsumsi daun seledri sebagai lalapan bersama dengan nasi setiap hari merupakan acara alami untuk mengatasi keluhan mata kering. Cuci dulu daun seledri, daun bayam dan daun kelor masing-masing sebanyak 1/3 genggam hingga bersih. Kemudian giling semua daun tersebut sampai halus. Tambahkan garam dapur seujung sendok teh dan 3/4 cangkir air putih yang sudah dimasak. Remas campuran daun ini hingga rata kemudian peras dan saring. Minum air perasannya sekaligus dan dianjurkan untuk meminumnya secara rutin 3 kali sehari.
Tekanan Darah tinggi 
Cuci 100 gram daun seledri seutuhnya hingga bersih kemudian tumbuk hingga halus. Tambahkan 1 cangkir air, peras dan saring. Selanjutnya tim hingga mendidih dan setelah dingin bagilah porsinya untuk 2 kali minum di pagi dan siang hari. Atau bisa dnegan mencuci 16 batang seledri seutuhnya hingga bersih lalu potong-potong kasar. Masukkan ke dalam panic email, tambahkan 2 gelas air dan rebus hingga airnya tersisa 3/4 nya saja. Setelah dingin, air rebusannya diminum dan seledrinya bisa dimakan. Lakukan tiap 2 kali sehari dengan porsi masing-masing separuhnya.
Bronkitis 
Cuci 60 gram daun seledri segar, 10 gram kulit jeruk mandarin kering dan 25 gram gula aren hingga airnya tersisa setengahnya. Setelah dingin, lalu saring dan porsi air saringannya dibagi untuk 2 kali minum saat pagi dan sore hari masing-masing sebanyak 3/4 gelas.
Batuk 
Cuci 30 gram seledri segar seutuhnya, kemudian potong-potong. Selanjutnya rebus daun seledri dalam 3 gelas air bersih. Setelah dingin, lalu saring dan tambahkan madu sesuai selera. Gunakan ramuan minuman ini untuk 2 kali minum saat pagi dan sore hari.
Kolik 
Siapkan 60 gram seledri segar seutuhnya, 1 ruas jari jahe merah dan 1 potong gula aren. Cuci semua bahan tersebut dan kemudian potong-potong seperlunya. Rebus semua bahan dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa separuhnya. Setelah dingin, lalu saring dan air saringannya kemudian diminum sekaligus.
Penyubur Rambut 
Cuci 7 atau 10 tangkai daun seledri hingga bersih lalu tumbuk sampai halus. Setelah selesai dikeramas, gosokkan secara perlahan tumbukan daun seledri tersebut ke bagian kulit kepala dan rambut sampai merata sembari dipijat halus. Setelah selesai, bungkus rambut Anda dengan menggunakan handuk dan diamkan sekitar 60 menit / 1 jam. Selanjutnya, bilaslah rambut hingga bersih dan lakukan selama 1 minggu sekali untuk menyuburkan rambut secara alami.
Kecantikan
Daun seledri juga dapat dimanfaatkan untuk Kecantikan, misalnya saja sebagai pembersih
minyak berlebih diwajah. Caranya 3 batang seledri dicuci dan diiris tipis tipis, kemudian diseduh dalam gelas dan ditutup. Gunakan air hasil menyeduh daun seledri saat akan tidur malam dengan cara oleskan sari seledri ke wajah. Setelah kering, bilas wajah samapai bersih menggunakan air yang ditambah perasan jeruk nipis.
Konsumsi jus seledri secara teratur untuk hasil yang optimal. Anda bisa mengkonsumsinya satu gelas setiap hari dan dan anda akan melihat garam dan zat lain yang menumpuk di ginjal akan keluar melalui air seni. Selain itu, tubuh anda akan terasa lebih baik daripada sebelumnya. Beberapa negara termasuk Jepang, Cina dan Korea mempergunakan bagian tangkai daun sebagai bahan makanan. Penggunaan seledri paling lengkap adalah di Eropa, daun, tangkai daun, buah, dan umbinya semua dimanfaatkan. Di Indonesia tumbuhan yang diperkenalkan oleh penjajah Belanda sangat mudah ditemukan. Selain daunnya digunakan untuk menyedapkan sup atau sebagai lalap, sekarang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan Herbal. 
 Sumber :
Bidanku.com

Tinggalkan komentar