Ternyata Manfaat Bawang Putih Sungguh Luar Biasa


Bawang putih (Allium sativum; bahasa Inggris: garlic) adalah nama tanaman dari genus Alliumsekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama tumbuh di Asia Tengah  dan sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia, Afrika, dan Eropa. Dikenal di dalam catatan Mesir kuno, digunakan baik sebagai campuran masakan maupun pengobatan. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia.

Sebelum dipakai sebagai bumbu, bawang putih dihancurkan dengan ditekan dengan sisi pisau (dikeprek) sebelum dirajang halus dan ditumis di penggorengan dengan sedikit minyak goreng. Bawang putih bisa juga dihaluskan dengan berbagai jenis bahan bumbu yang lain.
Studi menunjukkan bahwa bawang putih ampuh digunakan di hampir semua jenis obat untuk penyakit yang berbeda. Bawang putih mempunyai khasiat sebagai antibiotik alami di dalam tubuh manusia. Bawang Putih yang mentah penuh dengan senyawa-senyawa sulfur, termasuk zat kimia yang disebut alliin yang membuat bawang putih mentah terasa getir atau angur.Para ahli menyarankan bawang untuk membantu dalam melawan pertumbuhan berbagai jenis tumor. Alasannya, bawang putih dapat meningkatkan fungsi hormon dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, asupan bawang secara reguler dapat membantu untuk melindungi saraf dan sistem kardiovaskular.
Ada banyak manfaat kesehatan dari bawang Putih. Check them out!
1. Mengendalikan kadar gula dalam darah.
Bawang putih membantu peningkatan kadar insulin dalam tubuh dan juga membantu untuk memperlakukan penderita diabetes dengan mengendalikan kadar gula dalam darah. Konsumsi Bawang putih setiap hari untuk meningkatkan kadar insulin dalam tubuh.
2. Mengobati demam
Ambil beberapa potong kentang cincang dan bawang merah, kemudian campur dengan bawang putih cincang lalu pakailah campuran ini pada kaki kamu dengan menggunakan sepasang kaus kaki. Pastikan tubuh kamu tetap hangat supaya suhu tubuh bisa berkurang secara drastis.
Jika kamu memerlukan cara yang lebih cepat untuk menurunkan demam, gunakan kain yang direndam dalam cuka sari apel lalu tempatkan di dahi kamu. Ini akan membantu untuk mendinginkan suhu tubuh.
3. Menghilangkan iritasi pada mata
Ini adalah salah satu penggunaan yang tak biasa dari bawang. Jika kamu memiliki gangguan mata, potonglah bawang untuk mendapatkan air mata yang mengalir. Hal ini membantu untuk meringankan iritasi pada mata. Pastikan kamu tidak menggosok mata karena akan memperburuk kondisi iritasi.
4. Mengobati batuk
Lelah karena batuk tak kunjung sembuh? Gunakan obat sederhana dan alami ini dengan membuat campuran madu dan jus bawang. Madu akan menenangkan batuk, sedangkan bawang putih memiliki sifat antibiotik yang kuat dalam melawan bakteri.
5. Menyembuhkan luka bakar
Caranya mudah, cukup dengan mengiris bawang dan mengaplikasikannya langsung ke luka bakar. Ini membantu untuk menyembuhkan luka bakar secara langsung. Bagian terbaik dari obat rumahan dengan menggunakan bawang ini adalah tidak meninggalkan bekas luka.
6. Mengatasi sengatan dan gigitan
Jika kamu disengat lebah atau tawon, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengambil penyengat dari kulit lalu menerapkan bawang yang sudah dihancurkan pada bekas sengatan. Hal ini membantu untuk mengurangi pembengkakan dan mencegah terjadinya reaksi alergi.
7. Menyembuhkan bekas luka
Gunakan potongan bawang putih pada bekas luka seperti sayatan dan menutupinya. Ini akan membantu untuk mencegah infeksi. Alhasil, luka akan dibersihkan dan pendarahan berhenti dengan cepat.
8. Memberikan struktur kulit dan rambut yang sehat
Bawang putih tak hanya memiliki banyak manfaat kesehatan, tapi juga punya banyak manfaat kecantikan. Apakah kamu tahu bahwa asupan vitamin C sangat penting untuk membangun dan pemeliharaan kolagen dalam tubuh kita? Hal ini membantu untuk memberikan struktur yang sehat untuk kulit dan rambut, dan bawang bisa jadi pilihan yang baik.
9. Mengatasi masalah pencernaan dan Mencegah kanker saluran pencernaan
Bawang dapat memperbaiki sistem pencernaan jika kamu menderita masalah pencernaan. Asupan bawang putih dapat menyembuhkannya masalah ini dengan merangsang dinding perut dan usus untuk melancarkan enzim pencernaan.
Mengkonsumsi bawang putih juga nampaknya dapat melindung saluran cerna dari kanker usus besar, kanker rektal dan kanker lambung. Mengkonsumsi 1 siung bawang putih setiap hari dapat membantu mencegah terjadinya kanker saluran pencernaan.
10. Menurunkan tekanan darah tinggi
Pada beberapa penelitian, konsumsi bawang putih ternyata dapat menurunkan tekanan darah sebanyak 7-8 persen pada penderita tekanan darah tinggi (hipertensi). Bahkan pada mereka dengan tekanan darah normal, konsumsi bawang putih juga dapat menurunkan tekanan darah.
11. Mencegah pengerasan pembuluh darah
Konsumsi bawang putih dapat mengurangi efek pengerasan pembuluh darah yang sering terjadi dan meningkat seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Dengan menjaga tekanan darah dan kesehatan pembuluh darah, maka bawang putih dapat berperan dalam melindungi jantung. Satu siung bawang putih setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan jantung kita.
Pada sebuah penelitian di Department of Family and Social Medicine, Albert Einstein College of Medicine of Yeshiva University, Bronx, New York ditemukan juga bahwa bawang putih memiliki efek antipembekuan darah. Untuk itu, sebaiknya bagi mereka yang akan menjalani prosedur operasi, menghentikan konsumsi bawang putih 7-10 hari sebelumnya.
12. Obat penyakit kutil
Caranya : keprek bawang putih ( jangan sampai halus ) lalu tempelkan pada kutil dan ikat yang kuat dengan kain atau plester. Tunggu sampai 30 menit, jangan terlalu banyak bergerak, maka kulit akan panas dan kutil akan menghitam. Besoknya anda terbebas dari kutil.

13. Mencegah gigitan kutu
Para peneliti menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi bawang putih mengalami frekuensi gigitan kutu menjadi lebih sedikit daripada mereka yang tidak mengkonsumsi bawang putih.

14. Mengobati infeksi jamur
Pengobatan infeksi jamur dengan jel bawang putih memberikan hasil yang memuaskan seperti pada pengobatan infeksi jamur dengan obat-obat antijamur yang sudah ada.
Semoga bermanfaat. Jika ada lagi yang lain khasiat dari bawang putih ini, silahkan di share.
Semangat dan tetaplah hidup sehat.
SUMBER :
klikdokter.com

www.brilio.net

Tinggalkan komentar