BIMBINGAN BELAJAR

Pengertian
Bimbingan ialah penolong individu agar dapat mengenal dirinya dan supaya individu itu dapat mengenal serta dapat memecahkan masalah-masalah yang dihadapi di dalam kehidupannya (Chrisholm).
Bimbingan adalah suatu proses untuk menolong individu dan kelompok supaya individu itu dapat menyesuaikan diri dan memecahkan masalah-masalahnya. Definisi ini menekankan pandangan pribadi (Stikes & Dorcy)
Bimbingan adalah suatu proses yang terus–menerus untuk membantu perkembangan individu dalam rangka mengembangkan kemampuannya secara maksimal untuk memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya, baik bagi dirinya maupun baik bagi masyarakat (Stoops)
Pengertian Bimbingan (Donald G. Mortenson)
a. Bimbingan merupakan bagian dari program pendidikan
b. Bimbingan merupakan bantuan dan kesempatan setiap orang
c. Bimbingan diberikan oleh petugas yang memiliki keahlian
d. Dengan bimbingan individu diharapkan dapat berkembang sesuai dengan kemampuannya
e. Dasar bimbingan ialah demokrasi
Bimbingan di sekolah merupakan aspek program pendidikan yang berkenaan dengan bantuan terhadap para siswa agar dapat menyesuaikan diri dengan situasi yang dihadapinya dan untuk merencanakan masa depanyan sesuai dengan minat, kemampuan, dan kebutuhan sosialnya (Harold Alberty)
Prestasi dan daya tangkap anak pada suatu mata pelajaran memang berbeda-beda. Hal inilah yang harus diperhatikan oleh para orang tua. Orang tua harus mengarahkan anaknya jika si anak tersebut mendapati kesulitan terhadap suatu mata pelajaran. Salah satunya adalah dengan mengikuti bimbingan belajar baik itu di sekolah maupun di luar sekolah.
Lembaga bimbingan belajar adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah belajar anak. Di lembaga bimbingan belajar biasanya anak akan mendapatkan beberapa cara untuk belajar yang optimal dan efisien yang biasa diajarkan oleh para mentor.
Dengan mengikuti bimbingan belajar, siswa akan mendapatkan banyak keuntungan yang meliputi semakin pahamnya siswa terhadap mata pelajaran yang selama ini dianggap sulit, mengembangkan kemampuan untuk bersosialisasi, dan juga meningkatkan prestasi dari siswa itu sendiri.
Tujuan
Tujuan Mengikuti Bimbingan Belajar:
  • Mencarikan cara-cara belajar yang efisien dan efektif bagi siswa.
  • Menemukan cara-cara belajar yang sesuai agar menguasai buku pelajaran sesuai kurikulum.
  • Memperoleh informasi berupa saran dan petunjuk bagaimana memanfaatkan perpustakaan.
  • Membuat tugas sekolah dan mempersiapkan diri dalam ulangan dan ujian.
  • Mempelajari suatu bidang studi sesuai dengan bakat, minat, kecerdasan, cita-cita, dan kondisi fisik atau kesehatan yang dimiliki.
  • Melatih cara-cara menghadapi kesulitan dalam bidang studi tertentu dan memecahkan masalah –masalah belajar yang dihadapnya.
  • Memahami pembagian waktu dan perencanaan jadwal belajar.
  • Menemukan pelajaran tambahan yang berhubungan dengan pelajaran di sekolah maupun untuk pengembangan bakat dan karier di masa depan.
  • Menemukan teman bergaul, dan membentuk kelompok-kelompok belajar yang serasi dan kebiasaan belajar yang tinggi.
  • Mempelajari penyesuaian pola tingkah laku dan sikap berkelompok yang menunjang belajar.
  • Membangun rasa tanggung jawab anak terhadap dirinya sendiri.
  • Mengembangkan potensi anak yang selama ini mungkin tidak terlihat oleh orang tua.

Sehingga Bimbingan Belajar akan banyak memberikan manfaat kepada Anak, seperti :
  1. Memberikan kemudahan pada anak dalam mMenyerap Pelajaran dan mengatasi persoalan pelajaran yang mereka anggap sulit.
  2. Mengarahkan anak untuk mengisi waktu luangnya dengan kegiatan positif yang bermanfaat seperti belajar, membaca buku dan menganalisa soal-soal yang sulit.
  3. Membuat Anak Lebih Aktif dan Pandai Bersosialisasi dengan banyak teman baru, sehingga anak menjadi lebih aktif dan ramah, berani dan tidak minder.