Penerima Hadiah Nobel Ekonomi Tahun 2012


Tahun 2012 Hadiah Nobel untuk bidang ekonomi diberikan Senin (15/10/12) kepada ekonom dari Harvard University dan University of California di Los Angeles.


Nama penerima penghargaan,  Alvin E. Roth dari Harvard dan Lloyd S. Shapley dari UCLA – secara resmi disebut Sveriges Riksban Nobel dalam Ilmu Ekonomi untuk Mengenang Alfred Nobel – pada konferensi pers di Stockholm, Swedia.

Roth dan Shapley dihormati untuk “teori alokasi stabil dan praktek desain pasar,” menurut pernyataan dari The Academy Swedish Royal Ilmuwan.
Berbentuk pengembangan teori dan eksperimen, berdasarkan teori-teori Roth, dapat digunakan untuk mencocokkan siswa dengan sekolah dan donor organ dengan pasien yang memerlukan transplantasi, menurut akademi.

Roth, yang pindah ke Universitas Stanford dari Harvard, dan Shapley akan berbagi hadiah sebesar 8 juta kronor Swedia, yang sama dengan hampir $ 1,2 juta. Ketika dibangunkan di rumahnya di California dengan panggilan telepon yang memberitahukan tentang hadiah, Roth mengatakan, “Saya rasa ketika saya pergi ke kelas pagi ini murid-murid saya akan lebih memperhatikan saya.”

Ditanya tentang rencana masa depannya, Roth menjawab, “kopi.”
Sebuah penghargaan Nobel di bidang ekonomi telah diberikan sejak tahun 1969. Sejauh ini, kehormatan telah diberikan pada 71 orang, termasuk seorang wanita, Elinor Ostrom.

Hadiah Nobel, yang diciptakan oleh Alfred Bernhard Nobel, pertama kali diberikan pada tahun 1901. Tahun 2012 Peace Prize, profil kategori yang paling tinggi, dianugerahi pekan lalu ke Uni Eropa.

1969—1975
1976—2000
2001—kini

Enhanced by Zemanta

Tinggalkan komentar